Monthly Archives:

Monthly Archives:

  • Dalam rangka memperluas jejaring dan kerjasama guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Bidan kembali mengadakan kerjasama dengan School of Nursing and Midwifery, Flinders University, Australia. Kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari program DFAT (Department of Foreign Affairs and Trade) Australia Award Fellowship Program 2016 yang telah memberangkatkan perwakilan dari UNAIR (meliputi Program Studi Pendidikan Bidan, RS UNAIR, RS Dr. Soetomo, dan Fakultas Keperawatan) sejumlah 15 orang pada 28 Januari – 11 Februari 2017 untuk mengikuti kegiatan fellow di Flinders University. Program fellow ini sebenarnya telah terjalin sejak tahun 2014, dan akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

     

    Sebagai tindak lanjut dari program fellowship tersebut, diadakan seminar dan workshop Internasional oleh Program Studi Pendidikan Bidan, yang juga berkolaborasi dengan Fakultas Keperawatan, dan RS UNAIR. Seminar yang diadakan pada Kamis dan Jumat, tanggal 06 – 07 April 2017 bertempat di RS Khusus Infeksi, RSUA tersebut bertemakan “Strengthening research and education to improve management of MNCH complications in Indonesia” (Penguatan Penelitian dan Pendidikan Klinik untuk Peningkatan Manajemen komplikasi pada Kesehatan Ibu, Bayi, dan Anak di Indonesia) sebagaimana tema yang diusung pada program Australia Awards Fellowship Program.

     

    Rangkaian kegiatan diawali dengan Executive meeting pada Rabu sore, 05 April 2017, yang dihadiri oleh Wakil Dekan 3 FK UNAIR, perwakilan dari RSUA dan FKP, kaprodi, dan sekretaris prodi PSPB, staf dosen PSPB, dan perwakilan IOP (International Office Partnership) untuk membahas potensi kerjasama antara School of Nursing and Midwifery, Flinders University dan PSPB FK UNAIR. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak, untuk saling menguatkan dalam bidang pendidikan dan penelitian yang tertuang dalam draft Memorandum of Agreement (MoA).

    Selanjutnya, pada 06 April 2017, diselenggarakan seminar internasional yang terdiri dari lima topik, yaitu Qualitative Research, The Importance and Relevance of Research of Theory and Evidence Based Theory, Priorities for Research, Critical Appraisal of Research, dan Publication and Dissemination of Research yang dibawakan oleh Prof. Linda Sweet (Flinders University), dan awardee AAF. Seminar ini dihadiri ±50 orang yang terdiri dari dosen, praktisi kebidanan, kedokteran obgin, dan kedokteran anak. Peserta terlihat antusias, terutama saat pembagian kelompok kecil untuk qualitative research.

     

    Pada hari kedua, tanggal 07 April 2017, diselenggarakan workshop international yang terdiri dari 4 topik, yaitu mengenai Planning learning – Educational Theory to Practice, Evaluation in Clinical Education, Interprofessional Clinical Education, dan Debrief and Simulation in Clinical Education. Selain itu juga ada 2 workshop, yaitu Learning Methode in Laboratory dan Debrief and Simulation Section. Peserta terdiri dari dosen, praktisi kebidanan, kedokteran obgin, dan kedokteran anak sejumlah ±50 orang. Saat pelaksanaan workshop, peserta melakukan simulasi klinik dengan kasus-kasus maternal-neonatal yang sering dijumpai, seperti Perdarahan Pasca Persalinan, Persiapan Rujukan Preeklampsia, Asuhan Persalinan Normal, dan Resusitasi Bayi Baru Lahir. Debrief dan Simulation ini diselenggarakan di RSUA. Selain itu juga ada demonstrasi penggunaan bahan sederhana untuk simulasi praktik keteramplilan klinik. Sebagai contoh, penggunaan karton yang dilubangi untuk menentukan pembukaan serviks; Penggunaan balon, bola ping pong, dan pompa angina untuk semulasi pembukaan serviks; Penggunaan spon dan sarung tangan sebagai alat peraga pemasangan implant dan heacting; Penggunaan gelatin dan pewarna untuk simulasi jumlah perdarahan, lokhea, dan stolsel (bekuan darah).

     

    Pada akhir Seminar dan Workshop, diadakan pengkajian mengenai kesan dan pesan dari para peserta. Hasilnya, hamper seluruhnya peserta sangat puas dan berharap agar seminar dan workshop internasional seperti ini tetap diadakan untuk tahun-tahun selanjutnya. Adanya kesan dan harapan peserta ini akan dipertimbangkan sebagai agenda rutin tahunan sebagai perwujudan salah satu mandat bahwa UNAIR sebagai role model pendidikan kebidanan di Indonesia.

    11 Jul
    11 Jul
  • Lagi-lagi, Program Studi Pendidikan Bidan FK UNAIR mengadakan kerjasama dengan…

    11 Jul
    11 Jul
?>