INISIASI KERJASAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIDAN FK UNAIR DENGAN LA TROBE UNIVERSITY, AUSTRALIA

Dalam rangka mewujudkan misi program studi pendidikan bidan (PSPB) untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang unggul di tingkat nasional dan internasional, maka PSPB berupaya untuk menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri, salah satunya adalah dengan La Trobe University. Universitas ini menempati 200 besar di peringkat dunia berdasatkan Academic Ranking of World Universities (AWRU), dan memiliki 8 kampus yang tersebar di Australia dan Asia. Representasi dari Universitas Airlangga dalam pertemuan kerjasama tersebut meliputi Prof. Dr. Budi Santoso, dr., SpOG-K selaku wakil dekan 2, Dr. Gadis Meinar Sari, dr., M.Kes selaku Kepala Bagian Akademik, dan para staf PSPB FK UNAIR. Adapun representasi dari La Trobe University adalah Professor Susan Mc.Donald yang merupakan profesor kebidanan sekaligus ketua bidang kebidanan di Program Studi Keperawatan dan Kebidanan, Kampus Sains, Kesehatan, dan Teknik, La Trobe University.Inisiasi Kerjasama ini terdiri dari dua agenda:

  1. Rapat Pertemuan

Pertemuan diadakan pada pukul 09.00 WIB di gedung AMEC (Airlangga Medical Education Center) FK UNAIR. Acara yang berlangsung selama satu setengah jam tersebut dipimpin oleh dr. Baksono Winardi, Sp.OG-K selaku koordinator Program Studi Pendidikan Bidan. Pertemuan diawali dengan presentasi dr. Baksono mengenai Program Studi Pendidikan Bidan secara umum, diikuti presentasi oleh Prof. Susan Mc.Donald, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Tujuan khusus dari rapat pertemuan ini adalah untuk membangun kerjasama antara Universitas Airlangga dan La Trobe University, khususnya dalam bidang penelitian dan pendidikan. Selain itu, kerjasama antara Universitas Airlangga dengan universitas lain di luar negeri yang diselenggarakan dalam rangka menyongsong akreditasi AUN (ASEAN University Network).

Hasil dari pertemuan ini secara umum adalah adanya kesepakatan antara La Trobe University dan Universitas Airlangga untuk membangun kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian, termasuk program pertukaran untuk dosen dan mahasiswa, juga penelitian bersama. Untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut, terdapat dua hal yang perlu disiapkan oleh kedua pihak universitas. Pertama, Memorandum of Understanding (MoU)mengenai program pertukaran mahasiswa dan dosen. Kedua, proposal penelitian untuk menyusun penelitian bersama.Baik universitas Airlangga maupun La Trobe University akan berkoordinasi lebih lanjut untuk mem-follow up hasil kesepakatan tersebut.

  1. Kuliah Tamu

Kuliah tamu yang berlangsung selama satu setengah jam tersebut diselenggarakan di Aula FK UNAIR dan dihadiri oleh mahasiswa bidan semester dua hingga program profesi. Topik yang diberikan adalah manajemen kebidanan kasus HPP (Haemorrhage Post Partum) di Indonesia dan Australia, dimana HPP merupakan kasus yang tergolong tinggi dalam menyumbang Angka Kematian Ibu (AKI), khususnya di Indonesia.

Dengan terselenggaranya kedua agenda tersebut diharapkan mampu menginisiasi kerjasama yang positif antara Universitas Airlangga dan La Trobe University dalam memajukan pendidikan dan penelitian di Bidang Kebidanan, khususnya di Indonesia.

Galleries:

Rapat Pertemuan antara Program Studi Pendidikan Bidan FK UNAIR dengan La Trobe University, Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuliah Tamu mahasiswi Program Studi Pendidikan Bidan bersama Prof. Susan Mc. Donald dengan topik HPP (Haemorrhage Post Partum) di Aula FK UNAIR

 

 

 

 

INISIASI KERJASAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIDAN FK UNAIR DENGAN THE UNIVERSITY OF NOTTINGHAM, UNITED KINGDOM

Dalam rangka mewujudkan misi Program Studi Pendidikan Bidan (PSPB) untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang unggul di tingkat nasional dan internasional, dan sebagai upaya penguatan profesi dan pendidikan bidan, maka PSPB berupaya untuk menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri, salah satunya adalah dengan Faculty of Medicine and Health Sciences, The University of Nottigham (UoN), United Kingdom. Universitas ini menempati urutan top 1% universitas di dunia berdasarkan QS World Ranking tahun 2016, dimana UoN masuk dalam jajaran 100 besar kampus dunia, tepatnya pada peringkat 75 terbaik kampus di dunia. Selain itu, UoN juga memiliki 2 kampus lain yang berada di China dan Malaysia.

Dalam menjalin kerjasama dengan UoN tersebut, PSPB berkolaborasi dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sebagai asosiasi institusi pendidikan dan organisasi profesi bidan.

Kunjungan UoN ke PSPB FK UNAIR terdiri dari dua agenda utama:

  1. International Workshop

Tema workshop yang diusung adalah “Research Capacity Building: Evidence Based in Midwifery” yang diselenggarakan pada tanggal 08 – 09 Oktober 2016 di Ruang Sidang Khusus FK UNAIR.

Tujuan utama penyelenggaraan workshop tersebut adalah untuk membangun pengetahuan dan pemahaman evidence based dan aplikasinya di bidang kebidanan, meningkatkan perhatian terhadap penggunaan evidence based sebagai dasar dalam memberikan pelayanan dan pendidikan, serta meningkatkan pengetahuan mengenai cara tetap up to date dengan evidence based untuk diimplementasikan di lingkungan pendidikan dan klinik.

Agenda yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 FK UNAIR tersebut mengundang peserta yang terdiri dari dosen, peneliti, dan praktisi kebidanan se-Indonesia sejumlah 50 orang.

Pembicara workshop meliputi:

  1. Professor Helen Spiby

Professor of Midwifery, School of Health Sciences, The University of Nottingham

  1. Dr Catrin Evans

Associate Professor/Director of            Global Engagement, School of Health Sciences, The University of Nottingham.

  1. Louise Walker

Assistant Professor, School of Health Sciences, The University of Nottingham

Adapun topik workshop adalah sebagai berikut:

Hari 1:

  • Evidence Based Practice, the Research Process and Paradigms
  • The Role of Evidence for Midwifery Practice: The Lancet Series
  • Quantitative Research
  • Principles and Tools for Critical Appraisal of Quantitative Research
  • Qualitative Research
  • Principles and Tools for Critical Appraisal of Qualitative Research
  • The Role of Systematic Reviews in Evidence Based Healthcare

Hari 2:

  • Group work and Feedback: Quantitative Research Critique
  • Group work and Feedback: Qualitative Research Critique
  • Finding the Evidence: Framing a Question and Literature Search Strategies
  • Group work on Literature Search using PubMed and Feedback to class
  • Disseminating Evidence: Writing for Publication
  • Next Steps: Integrating Evidence Based Practice within the Midwifery BSc and MSc Curriculum
  • Overview of Key Points, Evaluation, and Conclusion

 

  1. Executive Meeting

Executive meeting merupakan rapat pertemuan yang difokuskan untuk membahas kerjasama potensial antara UNAIR – UoN, mendiskusikan lebih intensif mengenai rencana pembukaan Magister Kebidanan di Indonesia, dan finalisasi Memorandum of Agreement (MoA) antara UNAIR dan UoN. Pertemuan tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang Khusus FK UNAIR pada 10 Oktober 2016 pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh pimpinan Universitas Airlangga (wakil rektor 2), pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Dekan, Wakil Dekan 2 dan Wakil Dekan 3), perwakilan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dan AIPKIND (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia), perwakilan HOGSI-POGI (Himpunan Obstetri Ginekologi Sosial Indonesia – Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia), perwakilan Rumah Sakit Universitas Airlangga, ex-Koordinator PSPB, perwakilan POKJA S1, perwakilan IOP (International Office Partnership) UNAIR, Koordinator PSPB, dan staf akademik PSPB.

Adapun materi dan agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah:

  • Introduction of School of Midwifery, Medical Faculty, Universitas Airlangga
  • Background to the School of Health Sciences and Education in the Division of Midwifery, School activities, previous work, and partnership
  • Continuing Professional Development Strengthening the BSc Programme
  • Finalitation and legalization of Memorandum of Agreement
  • Collaborative in Research and International publication
  • Exchange of University Members and students
  • Visiting professor agenda: Follow up the sustainable of Bachelor and Master degree of Midwifery in Indonesia
  • Preparation in Developing Master Degree of Midwifery: concept, and roadmap

Hasil dari pertemuan ini secara umum adalah adanya kesepakatan antara UoN dan UNAIR untuk membangun kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian, diantaranya penguatan program sarjana kebidanan, persiapan pembentukan magister kebidanan, penelitian kerjasama, pertukaran pelajar maupun dosen, dan hal-hal lain yang akan ditindaklanjuti melalui IOP (International Office Partnership) UNAIR dan UoN.

 

Dengan terselenggaranya kedua agenda tersebut diharapkan mampu menginisiasi kerjasama yang positif antara Program Studi Pendidikan Bidan, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga dan Faculty of Medicine and Health Sciences, The University of Nottingham dalam memajukan pendidikan dan penelitian di Bidang Kebidanan, khususnya untuk penguatan jenjang Sarjana maupun persiapan jenjang Magister di Indonesia, khususnya Universitas Airlangga.

 

 

 

 

 

 

 

Galleries:

Agenda kerjasama Program Studi Pendidikan Bidan, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga dengan Faculty of Medicine and Health Sciences, The University of Nottingham, United Kingdom

 

Gambar 1. Suasana workshop UNAIR – UoN

 

Gambar 2. Executive Meeting UNAIR – UoN