Dalam upaya mewujudkan misi Program Studi Pendidikan Bidan (PSPB) untuk menjadi institusi terkemuka dalam bidang penelitian, baik dalam kancah nasional maupun internasional, maka PSPB FK UNAIR selain mewajibkan mahasiswa untuk melakukan tugas akhir penelitian (skripsi) dan membuat artikel ilmiah, juga menjaring kerjasama dengan pihak lain, baik nasional maupun internasional, untuk meningkatkan geliat penelitian.

Aktivitas kerjasama institusional dalam penelitian sejauh ini berada dalam tahap inisiasi kerjasama. Program Studi Pendidikan Bidan sedang berupaya membangun kerjasama baik dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri. Instansi dalam negeri meliputi antar fakultas di lingkungan Unair, universitas/ institusi pendidikan lain, Dinas Kesehatan, BKKbN, maupun klinik jejaring. Hingga saat ini, kerjasama yang ada berupa penelitian kolaborasi dengan Prodi Pendidikan Dokter, Program Pasca Sarjana, dan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan.

Adapun inisiasi kerjasama dengan Instansi luar negeri yang saat ini sedang berjalan adalah dengan Flinders University (Australia) berupa pengadaan kegiatan workshop capacity building dalam clinical educator dan penelitian di tahun 2014, kerjasama dengan La Trobe University (Australia) pada Mei 2016 tentang pendidikan dan penelitian, dan Bulan Oktober 2016 telah diadakan kerjasama dengan The University of Nottingham yang agenda utamanya adalah workshop research capacity building, dan kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah.