Perkaya Pengetahuan Mahasiswi Kebidanan UNAIR tentang Perdarahan Pasca Persalinan Melalui Kuliah Tamu Bersama Profesor Kebidanan Dari Australia

Tanggal 29 April 2016 merupakan hari aktif kuliah yang agak berbeda disbanding hari-hari biasa. Pada hari Kamis tersebut, mahasiswa pendidikan bidan semester 2, 4, 6, 8, dan program profesi mendapat kesempatan untuk mengikuti kuliah tamu dari Professor Susan Mc. Donald mengenai HPP (Haemorhargic Post Partum) atau perdarahan Pasca Persalinan yang hingga saat ini masih merupakan salah satu penyebab kematian utama ibu bersalin di Indonesia.

Prof. Susan, begitu sapaan akrabnya, merupakan Profesor kebidanan, khususnya kesehatan ibu dan bayi yang berasal dari La Trobe University/ Mercy Hospital for Women, Australia. Beliau berkunjung ke Indonesia dalam rangka inisiasi kerjasama termasuk dengan Program Studi Pendidikan Bidan FK UNAIR sebagai upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia.

Kuliah tamu yang berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut dihadiri oleh sekitar 250 orang masaiswi kebidanan yang sangat antusias mengikuti kuliah tersebut. Melalui kegiatan ini, tidak hanya sekedar teori yang didapat, tetapi juga perbandingan manajemen tatalaksana dan prosedur klinik antara Indonesia dan Australia. Dengan demikian, civitas akademika PSPB FK UNAIR diharapkan dapat mengaplikasikan tidak hanya teori yang didapat di Indonesia, tetapi juga dengan manajemen tatalaksana kasus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi bidan, sehingga dapat memberikan pelayanan kebidanan yang lebih baik, dan menurunkan Angka Kematian Ibu di Indonesia.