Program Studi Pendidikan Bidan merupakan salah satu program pendidikan tinggi yang dikelola oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Landasan pendirian Program Studi tersebut didasarkan pada tuntutan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan kebidanan profesional dan merujuk pada kebijakan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN).

Sejak adanya pendidikan Bidan di Indonesia pada tahun 1856 hingga 2005, belum ada lembaga pendidikanBidan yang menghasilkan Bidan dengan jenjang akademik sarjana dan profesi, maka pada bulan Desember 2005 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), membentuk kelompok kerja (Pokja) membahas penyelenggaraan program Pendidikan Bidan. Selanjutnya Pokja menghadap Dekan FK dan Rektor Unair tentang rencana pembukaan Program Studi Pendidikan Bidan.

Dalam rangka sosialisasi pembukaan Program Studi Pendidikan Bidan, maka pada tanggal 08 November 2006, bertempat di ruang Sidang A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, diadakan seminar dan lokakarya Nasional (National Conference Development model of Midwifery Education in The Future) yang diselenggarakan panitia bersama terdiri dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FK Unair dan School of Midwifery Auckland Universityof Technology (AUT) New Zealand serta  Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dengan narasumber Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (KaPusdiknakes Depkes RI), Rektor Unair, Dekan FK Unair, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI), Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jawa Timur dan Director School of Midwifery AUT New Zealand. Langkah selanjutnya yaitu pokja mengadakan pertemuan konsultasi dengan ketua bagian kebidanan RSU Dr.Soetomo-FK Unair dan POGI yang dipimpin oleh Siti Pariani, dr, MS, MSc, Ph.D guna membahas tindaklanjut pendirian institusi pendidikan Bidan.

Berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2006 tentang penetapan Universitas Airlangga  sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN), terutama pasal 32 ayat 3 yang berbunyi: “Pembentukan, penggabungan dan pembubaran Fakultas dilakukan oleh Rektor, setelah mendapat pertimbangan Senat Akademik dan persetujuan Majelis Wali Amanah” maka Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah ditunjuk oleh Rektor Universitas Airlangga untuk menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bidan dengan Surat Keputusan nomor 4311 /J03/OT/ 2008 tentang Pembukaan Program Studi di Lingkungan Universitas Airlangga, tanggal 10 Maret 2008. Program Studi Pendidikan Bidan tersebut terdiri dari dua program, yaitu program akademik dan program profesi.